Mengenal Arti Lambang Gerakan Pramuka - SDN SEBOMENGGALAN

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tuesday, November 8, 2016

Mengenal Arti Lambang Gerakan Pramuka

Lambang pramuka yaitu tunas kelapa. Arti buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan  cikal. Cikal bakal berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi, lambang buah kelapa yang tumbuh mengibaratkan bahwa setiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
Buah kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan apapun. Lambang ini mengibaratkan bahwa setia pramuka adalah seorang yang sehat jasmani dan rohani, kuat dan ulet, serta besar tekatnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Selain itu, kuat dalam menempuh segala ujian.
Kelapa dapat tumbuh dimana saja. Hal ini mengibaratkan bahwa setiap pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat. selain itu, pramuka juga dapat menyesuaikan diri dalam keadaan apapun.
Kelapa tumbuh menjulang lurus keatas. Dengan demikian, lambang ini mengibaratkan bahwa setiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
Akar kelapa kuat dan erat di dalam tanah melambangkan bahwa tekat dan keyakinan setiap pramuka kuat. Tekat dan keyakinan ini digunakan olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Kelapa adalah pohon yang serba guna, dari ujung hingga akarnya. Oleh karena itu, kelapa melambangkan bahwa setiap pramuka adalah manusia yang berguna. Pramuka pembaktian diri pada kepentingan tanah air dan bansa Indonesia.