Tuesday, October 4, 2016

MENGENAL SIMBOL PAPUA

Simbol Papua berbentuk perisai berpaju lima. Symbol ini menggambarkan kesiagaan dan ketahanan. Paju lima menunjukkan jumlah sila pancasila. Warna dasar kuning emas pada bagian bawah perisai dan pita melambangkan keagungan sebagai gambar cita usaha dari  hasil kekanyaan bumi dan alamnya. Sementara warna dasar biru tua pada bagian atas perisai melukiskan kekanyaan perairan Papua. Jalur kuning yang melingkari tepian perisai menggambarkan kenyakinan tercapainya segala usaha dan perjuangan. Jalur  hitam yang  melingkari pita dan warna tulisan hitam mengambarkan kemantapan dan kebulatan tekad untuk berkaya swadaya.
Di dalam simbol Papua terdapat tiga gunung berjajar yang sama tinggi berwarna hijau tua dan berpuncak putih salju. Tiga gunung tersebut menggambarkan ciri khas Papua. Warna hijau tua ketiga buah gunung melambakan kesuburan tanah serta kekayaan alam daratan Papua. Putih di sebelah kiri, tiga buah tugu tersebut berdiri di atas tumpukan batu berbentuk persegi panjang berwarna putih bergaris garis hitam yang bersusun 2 tingkat, masing-masing berderet 6 dan 9. Jumlah tumpukan batu tersebut memiliki arti dari perjuangan trikora dan kemenangan pepera [penetapan pendapat rakyat] tahun 1969. Tumpukan batu tersebut  juga melembangkan dinamika pembangunan di Papua. Warna abu-abu putih dan bergaris garis hitam melembangkan ketenangan dan kesucian.
Selain itu, terdapat setangkai buah padi di sebelah kanan berisi 17 butir yang memiliki warna dan bertankai kuning. Di sebelah  kiri, terdapat buah kapas berwarna putih dan bertankai hijau  tua. Sama seperti gunung, warna hijau dalam tankai buah kapas itu melambangkan kesuburan. Padi dan kapas tersebut dan persatuan bangsa yang dijiwai oleh semangat proklamasi 17 Agustus 1945 untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
   
Dikutip dari Buku Bahasa Indonesia kelas IV, oleh Kelompok 3:
  1. ATAYA
  2. ANGITA 
  3. KILA
  4. NADIN
  5. INTAN
Load disqus comments

0 comments