Verifikasi Sekolah Adiwiyata Nasional - SDN SEBOMENGGALAN

Contact Form

Name

Email *

Message *

Friday, November 6, 2015

Verifikasi Sekolah Adiwiyata Nasional

Pada tahun 2015 lalu SDN Sebomenggalan diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional. Setelah sukses meraih Piagam Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi kami kembali mempersiapkan sekolah untuk menyambut Tim Verifikasi Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup.


Tiba saatnya Penilaian Adiwiyata Nasional, kami sambut Tim Verifikasi dari Pusat dengan tarian dolalak khas Purworejo. Seni tari tradisional yang menjadi kegiatan rutinitas Jum'at pagi ini membuat Tim Penilai merasa bangga dengan anak-anak SDN Sebomenggalan.

verifikasi sekolah adiwiyata nasional

Sebelum memeriksa kelengkapan Administrasi Sekolah Adiwiyata, TIM penguji menyempatkan untuk melihat-lihat Stand Pameran Hasil Karya Siswa. Stand ini juga sengaja kami hadirkan untuk memamerkan kreativitas siswa dari Barang Bekas. Siswa-siswi yang dibimbing komite SDN Sebomenggalan (Bapak Ir. Haryadi dan Bapak Sugeng Widodo) berhasil membuat beberapa Kerajinan Barang Bekas. Diantaranya adalah Lilin Hemat Energi, Alat Pendeteksi Kelembaban Tanah, Microphone dan Amplifier, Pengeras Suara untuk HP/ Music Player, Roket Air, dan masih banyak yang lainnya.

tim adiwiyata nasional 

Setelah puas menyaksikan stand pameran barang bekas, TIM Verifikasi mulai menelusuri Lingkungan SD Sebomenggalan, mulai halaman, taman, kamar mandi/ wc, tempat cuci tangan, bak sampah, hingga menelusuri sejumlah kelas untuk memastikan keadaan sekolah sesuai dengan data yang sekolah buat. Pada gambar di atas salah seorang tim penilai memasuki ruangan dan meminta siswa untuk menyanyikan lagu Mars SDN Sebomenggalan. Alhasil, karena mars sekolah adiwiyata tersebut dinyanyikan setiap Upacara Bendera dan sebelum memulai pelajaran, semua siswa dapat menyanyikannya dengan lancar.

tim adiwiyata kementrian lingkungan hidup

Setelah selesai melakukan penilaian, menyaksikan pameran, melihat-lihat lingkungan, hingga memeriksa kelengkapan administrasi sekolah adiwiyata SDN Sebomenggalan TIM Verifikasi Adiwiyata Nasional berpamitan. Foto Bapak/ Ibu Guru SDN Sebomenggalan, Tim Penilai Adiwiyata Nasional, Pengawas TK/SD/SDLB Dabin Ahmad Yani, beserta Komite SDN Sebomenggalan.

Demikian jalannya Verifikasi Sekolah Adiwiyata Nasional, alhamdulillah SD Negeri Sebomenggalan berhasil meraih peringkat Sekolah Adiwiyata Nasional, dan kini tengah melanjutkan cita-cita untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri.